Pertemuan Pertama Mata Pelajaran TLJ

A. Mengenal Server Softwitch PBX

Dunia teknologi dalam perkembangan semakin hari semakin canggih dan mengalami perubahan yang sangat pesat dalam berbagai bidang salah  di
Sistem telepon bisnis telah lama terdapat dalam perkembangan mereka.Sistem telepon berkembang dari sistem kunci sederhana yang memelukan beberapa saluran telepon untuk virtual PBX.PBX menghubungkan antara telepon dalam perusahaan dengan jaringan internal dan menghubungkan juga telepon publik ( PSTN atau pulik switched telephone network ) melalui trunk, yaitu penghubung jalur komunikasi antara pengirim dengan penerima melalui central office.

1. Pengertian Dan Sejarah PBX
 PBX ( Private Branch Exchange ) adalah pengedian layanan telepon yang melayani pertukaran
telepon  dengan pusat di dalam suatu perusahan, dan menjadi penghubung antara telepon dari publik ke telepon atau jaringan telepon dari perusahan ke anak perusahan lainnya di area tang lebih luas. Dengan kata lain, PBX merupakan suatu perangkat keras elektronik telekomunikasi yang berfungsi sebagai bagian internal ( extention to extention ) dengan external ( out going dan incoming ). PBX menjadi sebuah sentral private dengan fitur seperti sentral  public yasng digunakan oleh suatu lembaga atau perusahaan dalam melayani komunikasi internet perusahaan tersebut.
Sistem telepon pertama yang populer adalah 1A2 key system, yang memiliki variasi dan dipercaya oleh pasar perusahaan selama bertahun-tahun pada era 1950-an. KSU ( kunci layanan unit )dalam 1A2 key system bertindak sebagai unit kontrol pusat dan panggilan yang dialihkan melalui mekanisme fisik yang terdapat pada telepon.
PBX pertama kali digunakan untuk menggambarkan sistem kunci.PBX secara bertahap mulai menggunakan sistem otomatis dan non-operator.Dalam perkembangan  PBX, salah satu trens sistem yang muncul adalah Volp PBX, atau biasa dikenal dengan IP PBX.IP PBX menggunakan protokol internet untuk melakukan panggilan telepon.sekarang ini PBX memberi dukungan dalam perkembangan Volp PBX. ISDN PBX juga telah mengalami perkembangan sejak tahun 1990-an.ISDN PBX juga telah mengalami perkembangan sejak tahun 1990-an.ISDN PBX sudah menawarkan layanan panggilan konferensi,call forwarding,dan memanggil host ID yang telah diprogram sebelumnya. meskipun demikian, adanya proyek mengenai sumbur terbuka ini justru dapat dikombinasikan dengan perangkat keras untuk mengurangi biaya kepemilikan PBX.

2. Fungsi PBX
       PBX dibedakan dari sistem kunci yang di lakukan pengguna secara manual ketika pengguna menekan nomor tujuan.Sehingga,secara otomatis PBX akan menuju jalur sesuai dengan nomor yang dituju pengguna.Sistem PBX memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon secara internal dan eksternal dengan menggunakan kode telepon yang telah terdaftar di central office maupun di DDCO.

Sistem PBX secara fungsional memiliki empat tugas panggilan pengolahan utama,antaranya yaitu :
a. membuat koneksi (sirkuit) atau menghubungkan antara telepon pengguna dengan
   telepon yang  dituju, misalnya pemetaan ke nomor tujuan untuk memastikan jaringan
    telepon tidak sibuk.
b. menjaga koneksi atau sambungan selama menggunakan telepon,
    yaitu dengan menyalurkan sinyal antara pengirim dengan penerima pesan.
c. mematikan koneksi atau hubungan jaringan telepon sesuai dengan perintah pengguna telepon.
d. menyediakan informasi untuk kepentingan akuntasi,misalnya menampilkan
    lama waktu panggilan atau metering call.

Setelah memahami mengenai PBX dan konsep kerjanya , selanjutnya mempelajari bagaimana membuat server sofwith tersebut. Berikut ini adalah kebutuhan yang di gunakan untuk instalasi softswith PBX

1. Komputer
 Kebutuhan instalasi server softswitch PBX yang pertama adalah komputer . spesifikasi perangkat yang di butuhkan yaitu perangkat dengan Sound card yang tersambung dengan jaringan
2. Headset
 headset adalah sebuah perangkat audio yang memiliki dua devisi yang di gabungkan menjadi satu . dimana pada headset terdapat perangkat input yaitu mikrofon atau mickrophone dengan perangkat output speker.
3.Softphone
Merupakan program yang digunakan untuk menelepon melalui jaringan internet dengan perangkat laptop atau komputer .
4.IP PBX
ip pbx server adalah sofwere yang di gunakan untuk membuat sistem layanan  komunikasi telephon melalui internet.


B. Memahami Proses Kerja PBX


Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP gateway untuk terhubung ke jalur server, klien SIP, baik berupa software(softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX,dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan.

IP PBX memiliki daftar semua ponsel atau pengguna dan alamat sesuai dengan SIP mereka dan dengandemikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau menyedia layanan VOIP.

C. Menyajikan Bagan Server Softswitch PBX



Pengertian PBX
PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut

Proses Kerja PBX Server Softswitch
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada.
Fungsi PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia layanan VOIP.

Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan pada Server Softswicth :

Pengertian Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP
Dalam sintax yang digunakan di file extensions.conf , setiap tahapan perintah dalam sebuah extension di tulis dalam format
exten = extension,priority,Command(parameter)
Kesimpulannya, sebuah "context" mempunyai nama, seperti "john". Setiap context, kita dapat mendefinisikan satu atau lebih "extension". Setiap extension, kita dapat mendefinisikan sekumpulan perintah.

Komponen yang membangun tahapan perintah extension atau command line adalah sebagai berikut,
Extension adalah label dari extension, dapat berupa sebuah string (angka, huruf dan simbol yan diijinkan) atau pola yang harus di evaluasi secara dinamik untuk mencocokan dengan banyak kemungkinan nomor telepon. Setiap command line yang menjadi bagian dari extension tertentu harus mempunyai label yang sama.
Priority biasanya berupa angka integer. Merupakan urutan dari perintah yang harus dijalankan dalam sebuah extension. Perintah pertama yang akan dijalankan harus dimulai dengan prioritas 1, jika tidak ada prioritas 1 maka Asterisk tidak akan menjalankan perintah extension. Setelah prioritas 1 di jalankan, Asterisk akan menambah prioritas ke prioritas 2 dan seterusnya, tentunya jika tidak ada perintah yang menentukan prioritas mana yang selanjutnya harus dijalankan. Jika ternyata perintah selanjutnya ternyata tidak terdefinisi maka Asterisk akan menghentikan proses menjalankan perintah walaupun masih ada perintah dengan prioritas yang lebih tinggi.
Command atau perintah adalah "aplikasi" yang akan di jalankan oleh Asterisk.
Parameter adalah parameter yang harus diberikan kepada sebuah command. Tidak semua command / perintah membutuhkan parameter, beberapa perintah dapat dijalankan tanpa parameter.
Dial Plan berfungsi sebagai routing panggilan antar ekstensi, baik yang berada dalam satu IP-PBX (lokal) maupun antar IP-PBX, atau biasa disebut dial trunk. Dalam Asterisk, Dial Plan diprogram dalam satu file yang bernama extensions.conf. Secara umum, setiap ekstensi dalam Asterisk merujuk pada user tertentu yang ter-register ke Asterisk tersebut sehingga biasanya nomor ekstensi sama dengan id user.

Konfigurasi Ekstensi dan Dial Plan pada Server VoIP

Dial antar ekstensi pada IP-PBX
[voipkn] -->> seluruh dial plan di bawah ini hanya berlaku bagi context ‘voipkn’
exten =>101,1,Dial(SIP/101,20) -->> Dial ext 101 dengan protokol SIP, time out 20 detik
exten =>101,2,Hangup -->> setelah timeout dilakukan hangup
exten =>102,1,Dial(SIP/102,20)

Komentar

Postingan Populer